Berita

APA DAMPAK GLOBALISASI DI ERA DIGITAL?

Makin derasnya globalisasi membuat manusia lebih mudah mengakses informasi di dunia maya. Informasi-informasi di Internet bisa menyebar dengan sangat cepat dan bebas diakses siapa saja dan kapan pun.Dampak globalisasi di era digital sangat besar dan kompleks, karena teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang di seluruh dunia dengan cepat dan mudah.

Beberapa dampak globalisasi di era digital yang bersifat negatif antara lain adalah:
1) Maraknya Kejahatan di Dunia Maya (Cybercrime)
Kejahatan di internet atau cybercrime mempunyai beragam jenis seperti pembajakan situs web, penipuan jual beli online, pencurian uang di rekening
2) Tergesernya Tenaga Manusia
Terciptanya mesin-mesin canggih yang membantu pekerjaan manusia nampaknya memberikan sisi lain yang merugikan bagi manusia itu sendiri. Hadirnya mesin-mesin canggih di berbagai pabrik tentu menggeser peran dari manusia, sehingga tidak sedikit para buruh pabrik yang terkena PHK akibat dari sistem produksi barang berbasis teknologi
3) Ketergantungan terhadap Teknologi
Salah satu teknologi adalah dengan adanya smartphone, manusia yang mengalami ketergantungan terhadap smartphone semakin enggan untuk melakukan interaksi sosial dengan masyarakat. Mereka lebih senang berkomunikasi menggunakan teknologi daripada secara langsung.

Selain dampak negatif ada beberapa dampak positif adanya globalisasi ini yaitu:
1) Kemudahan dalam Mengakses Informasi dari Internet
Arus globalisasi yang pesat sangat mempengaruhi kemudahan seseorang dalam mengakses informasi di dunia maya.
2) Kemudahan dalam Komunikasi Jarak Jauh
Di era yang serba modern ini kita dipermudah dengan adanya handphone dan jaringan internet yang semakin luas, sehingga kita tidak perlu lagi menulis surat dan mengirimkannya lewat pos ketika ingin berkomunikasi dengan orang lain.
3) Kemudahan dalam Transaksi Jual Beli
Di era modern ini kita dimanjakan dengan berbagai fitur yang disediakan oleh bank, seperti fitur m-banking dan internet banking. Fitur-fitur tersebut memudahkan kita untuk bertransaksi dengan modal handphone atau laptop, sehingga kita tidak perlu lagi ke bank hanya untuk mentransfer sejumlah uang.

Itulah beberapa dampak globalisasi di era digital baik dampak positif maupun negatif, Tergantung kita menyikapi adanya globalisasi ini sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Hubungi via WA di Hotline Bisnis Digital