Berita

APA ITU REVOLUSI INDUSTRI ?

Revolusi industri adalah keadaan di mana banyak aspek kehidupan berhasil dipengaruhi oleh perubahan global. Proses produksi barang atau jasa yang awalnya mengalami kesulitan, membutuhkan waktu lama, dan memakan biaya sangat mahal menjadi lebih mudah. Perubahan sistem sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat serta berhubungan dengan perkenalan mesin uap (menggunakan bahan bakar batu bara) dan ditenagai oleh mesin (terutama dalam produksi tekstil).

Revolusi Industri di kawasan Benua Eropa bermula di negara Inggris. Kemudian pada awal abad ke – 19, mulai menyebar ke negara – negara Eropa yang lainnya di pertengahan kota – kota eropa berkembng sebagai pusat tulang pugung mereka dlam suatu perdangangan yang ada.

Adapun faktor yang menyebabkan munculnya revolusi industri, yaitu: Situasi politik yang stabil. Inggris kaya akan bahan tambang, seperti batu bara, bijih besi, timah, dan kaolin. Adanya penemuan baru di bidang teknologi mempermudah cara kerja dan meningkatkan hasil produksi. Revolusi Industri telah menimbulkan peningkatan usaha industri dan pabrik secara besar-besaran melalui proses mekanisasi. Dengan demikian, dalam waktu singkat dapat menghasilkan barang-barang yang melimpah. Produksi barang menjadi berlipat ganda sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas.

Ciri-ciri revolusi industri :

• Maraknya penggunaan bahan baku baru terutama besi dan baja untuk mengoptimalkan hasil industri.

Manusia mulai memanfaatkan sumber energi baru, baik bahan bakar maupun tenaga penggerak.

Dampak positif adanya Revolusi Industri bagi Indonesia adalah dibangunnya rel kereta api di Pulau Jawa, sehingga ada kemajuan dalam bidang transportasi. Sedangkan dampak negatifnya, adalah munculnya imperialisme modern di Indonesia.

Hubungi via WA di Hotline Bisnis Digital