Berita

Webinar Series dan Podcast IST AKPRIND Bersama 50 Pembicara Muda Vol.29: “How to Get Funding for Your Business”

Webinar series vol. 29 diadakan pada Jumat (07/14/23) dengan narasumber Bapak Awang Dhewangga, S.I.P., MBA., Assistant Head of Accelerator Meet Ventures PTE. LTD., dan moderator Ibu Zakiyah Mawaddah, S.AB., MBA., Dosen Prodi Bisnis Digital IST AKPRIND Yogyakarta.

Banyaknya startup yang terkendala dengan modal tidak lagi menjadi penghambat. Pendanaan dari investor merupakan salah satu opsi untuk memperoleh modal selain dari pemerintah, pinjaman bank, dan modal pribadi. Pada webinar, diberikan tips untuk memperoleh pendanaan dari investor dan apa yang dicari oleh seorang investor ketika memilih perusahaan. Terdapat beberapa cara untuk menemukan investor, seperti melalui sekolah bisnis, mendaftar program akselerasi, menghadiri event-event startup, mendaftar program pemerintah, crowd funding, portal startup online, dan fundraising advisors.

Investor dalam berinvestasi memilih seseorang yang memiliki ketertarikan sama dengan bisnis kita, seseorang yang bersedia berbagi pengalaman maupun pandangan, dan seseorang yang dapat menyusun perjanjian keuangan yang masuk akal. Selain itu, terdapat sembilan tips untuk mempresentasikan ide bisnis, antara lain:

  1. Berikan mereka cerita yang menarik.
  2. Pertahankan pitch agar tetap simple.
  3. Tekankan isi model bisnis.
  4. Presentasi yang jelas.
  5. Ceritakan tentang diri anda dan orang-orang dibalik bisnis anda.
  6. Ceritakan apa saja yang sudah anda lakukan beberapa saat terakhir.
  7. Tunjukkan peta kompetisi anda.
  8. Berikan “angka” yang terukur di belakang angka anda.
  9. Tunjukkan produk anda.

Penulis: Maria Emiliana

Hubungi via WA di Hotline Bisnis Digital