Berita

Tim Mahasiswa Bisnis Digital AKPRIND Lolos Pendanaan PKM-PM 2023

Progam Bank Sampah mahasiswa Bisnis Digital AKPRIND berhasil lolos penerimaan bantuan pendanaan dari Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (DITJEN DIKTIRISTEK) Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (KEMDIKBUDRISTEK) tahun 2023.

PKM-PM merupakan program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berorientasi non-profit dalam upaya untuk membantu meningkatkan kualitas hidup, mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.

Salah satu program PKM-PM dari tim mahasiswa Bisnis Digital yaitu Bank Sampah sebagai upaya mengurangi volume sampah ke TPS di Desa Giricahyo, Gunung Kidul, dengan empat anggota yang salah satunya mahasiswa Bisnis Digital, yaitu Mia Angelinawati dan tiga mahasiswa Teknik Lingkungan, yaitu Siti Nurjam’a Yuniarti, Kristofora Theodora, dan Rafil Kulana, yang di bimbing oleh Ibu Paramita Dwi Sukmawati, S.T., M.Eng.

Tim Program Bank Sampah AKPRIND

Bank Sampah adalah konsep pengumpulan sampah kering khususnya sampah plastik dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Sampah yang ditabung dapat diuangkan ketika sudah ditimbang dan dijual ke pengepul

Program PKM-PM Bank Sampah ini dilatar belakangi oleh kebiasaan masyarakat di Desa Giricahyo yang membuang sampah sembarangan serta tidak adanya pengelolaan sampah sehingga Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menjadi kelebihan muatan.

Dengan adanya Bank Sampah ini diharapkan dapat membantu mitra dalam penanganan dan pengolahan sampah anorganik di Desa Giricahyo, dapat menambah pendapatan ekonomi serta meningkatkan kemapuan mitra dalam perilaku sosial karena mengurangi perilaku membuang sampah sembarangan. Selain itu manfaat lainnya memberikan pengaruh besar dalam membantu Dinas Lingkungan Hidup menangani penanganan sampah anorganik, dan juga membantu dalam mengurangi jumlah besaran sampah yang disetor ke TPS.

Penulis: Ricky Ardiansyah

Hubungi via WA di Hotline Bisnis Digital